Tips Dahsyat Merawat Remetuk Laut Dijamin Hidup

Remetuk laut atau sier sier adalah jenis burung kicau yang mulai dilirik oleh kicau mania. karena memiliki kicauan yang sangat merdu di telinga. biasa dipilih untuk dipiara berdasar harga burung, racikan pakan, jenis makanan burung agar cepat gacor.

Daftar isi [Tampil]


Atirab.com - Diantara banyak jenis aneka burung kicauan, remetuk laut adalah salah satu yang mulai dilirik untuk dipelihara oleh para kicau mania. Suara burung berdimensi mungil ini memang tidak memiliki kicau yang variatif, akan tetapi sangat merdu dan terkesan memberi efek  relaksasi bagi siapa saja yang mendengar kicaunya.

Burung remetuk laut ini tersebar hampir di seluruh nusantara, utamanya yang ada lautnya. Maka dinamakan remetuk laut karena burung ini suka beraktifitas di sekitar tanaman bakau yang tumbuh di pesisir laut.

Namun di daerah lain seperti Parapat tidak ada laut disana, namun banyak juga sebaran burung ini. Makanan burung ini adalah serangga. Dan masuk dalam jenis burung fly catcher, bila pernah anda amati burung ini suka menyambar jenis serangga kecil yang terbang di sekitarnya.

Tips Merawat Remetuk Laut
Foto : jbbkicau.blogspot.com
                                                                      

Dan uniknya burung ini selalu menyertakan serat kapas sebagai bahan penyusun sarangnya entah apa fungsi dari serat kapas itu. Nah jika pernah melihat sarang burung menggantung diranting pepohonan dan ada kapas - kapasnya maka itu adalah milik remetuk laut.

Proses identifikasi jantan dan betina untuk burung ini tergolong tidak gampang tapi tidak susah juga. Kalau dari bunyi yang jantan lebih panjang siulannya dibanding yang betina, hanya saja kalau yang baru ditangkap mana mau bunyi??? Terus bagaimana??

Kalau jantan warna kekuningan di dadanya itu lebih pudar dibanding betina yang lebih pekat. Jadi harus ada beberapa ekor di dalam sebuah sangkar maka kelihatan perbedaan ini.

Pengalaman kicau mania yang sudah mencoba memelihara burung ini ada yang seminggu, tapi rata - rata hanya bertahan sehari dua hari lalu mati. Kenapa begitu?? itulah misteri yang belum tersibak dibenak kicau mania yang menggemarinya. tapi nanti kita bahas di bawah penyebabnya.

Satu dua kicau mania ada yang berhasil memeliharanya hingga bulanan bahkan tahunan dan mau bunyi. Ini yang membuat banyak kicau mania tadinya tidak menganggap burung ini berbalik mulai menyukainya. Harga burung ini tergolong sangat murah, kalau baru dapat di pengepul di bandrol 15rb an per ekornya.

Masalah yang umum dihadapi kicau mania dalam merawat burung ini muncul di awal prosesnya. Dimana burung tidak mau makan, lalu menggembungkan tubuhnya (membola) dan mati kemudian.

Duhh sedih.. ya tapi begitu

Tips Merawat Remetuk Laut Dijamin Hidup


1.    Diawal pastikan Remetuk laut mau makan dan minum


Berikan beberapa jenis pakan alami agar si burung bisa memilih sendiri pakan yang disukainya. Burung juga terkadang suka milih –milih makanan. Pastikan pakan itu dapat dilihat jelas oleh burungnya. Campurkan saja ulat kecil (kandang), ulat hongkong pilih yang kecil, kroto (telur semut) dan jangkrik kecil.

Nah tips nya adalah berikan kandang yang kecil dimana burung tidak leluasa terbang agar fokus melihat makanan dan minuman. Kasihan memang tapi ini hanya diawal proses saja agar burung tetap hidup. Campurkan vitastres di cepuk minumnya untuk memberi efek tenang pada burung.

2.    Kandang full kerodong


Selama proses belajar makan, kandang direkomendasikan full kerodong kecuali bagian atas agar cahaya masuk dan tetap ada sirkulasi udara. Gantangkan kandang di tempat tenang dan teduh akan tetapi cukup cahaya. Kalau malam hari pastikan ada lampu untuk menyinari kandangnya.

Tidak perlu diintip – intip, jika khawatir merasa pakan tidak cukup siang boleh di cek untuk menambah tapi kalau dirasa cukup malam saja ceknya. Sebelum anda beranjak tidur pastikan pakan dan air minum masih cukup di cepuk. 

Jika besok pagi ternyata remetuk laut bertahan hidup anda boleh tersenyum.. kemungkinan keberhasilan anda merawat burung ini meningkat.

3.    Pengevoeran dan Domestikasi


Dihari kedua maka sudah boleh masuk ke tahap ngajarin burung makan voer dan penjinakan (domestikasi). Racikan pakan hari pertama tetap diberikan akan tetapi tambahkan voer sekitar 10-20%. Pilih voer berwarna mencolok seperti hijau atau merah. Voer sebahagian saja dihaluskan sisanya tetap kasar. Fungsi dihaluskan agar burung bisa merasakan rasa voernya secara tidak sengaja sehingga nantinya burung familiar dengan rasa itu.

Jika kondisi burung sudah fit, mata cerah dan lincah kerodong boleh dibuka bertahap. Bagusnya kerodong dibuat dari kertas koran saja agar bisa di sobek sedikit demi sedikit setiap harinya sampai nanti sobek semua tanpa kerodong. Akan tetapi selama proses ini tetap gantang kandang di tempat  tenang dan teduh.

Besok pagi cek kotorannya apakah sudah berwarna sama dengan voer? Jika belum maka bersabar...

jika sudah berwarna maka selamat!! 80% burung sudah makan voer. Untuk memastikannya maka berikan satu tambahan cepuk makan. Cepuk pertama berisi pakan hidup campuran seperti sebelumnya, cepuk baru diisi hanya voer saja.

Pagi berikutnya cek jika kotoran tetap berwarna berarti burung sudah ngevoer 90%. Di hari berikutnya cabut cepuk pakan alami, jika tetap ada warna dikotorannya ini sudah berarti 100% burung bisa hanya makan voer (ngevoer).

Jika sudah ngevoer baru fokus ke penjinakan (domestikasi) ingat setelah burung sudah terbiasa dengan lingkungan baru (adaptasi) maka akan bunyi dengan sendirinya. Barulah baeralih ke pola rawatan mandi jemur dan diembunkan agar burung cepat gacor.

Untuk mempercepat burung bunyi boleh dipancing dengan suara kicauan remetuk laut, googling aja atau mampir di laman pakar burung omkicau.



cara dahsyat merawat remetuk laut


Oh iya burung remetuk laut rawan terhadap panas dan dingin berlebih, so jemurnya tipis – tipis aja.. cukup 5 – 15 menit tergantung intensitas cahaya.


Nah dengan langkah ribet seperti diatas maka remetuk laut akan hidup nyaman dan tenteram, intinya remetuk laut rawan stres jadi kita yang harus menyesuaikan diri agar berhasil merawat remetuk laut bahan kita. (DTPT)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel