Terungkap! Tips Memasak Nasi Enak Agar Sesuai Selera Kalian

Memasak Nasi adalah kegiatan yang tidak boleh dipandang sebelah mata, kalau tidak pas maka nasi yang dihasilkan tidak sesuai selera. Beras dan rice cooker yang baik tidak jadi jaminan.

Daftar isi [Tampil]


Memasak Nasi - Nasi adalah makanan pokok masyarakat kita yang berasal dari beras, bagaimana cara memasak nasi yang enak? Nasi yang enak tentu adalah nasi seperti yang biasa kita makan sejak kita mengenalnya (kecil). Ya.. nasi yang dimasak orang tua itulah nasi yang paling enak buat kita.

Bicara nasi tentu tidak terlepas dari jenis beras (padi) dan bagaimana memasaknya. Jenis bibit padi yang sama namun di tanam di daerah yang berbeda hasilnya tidak sama loh..

Cara perlakuan dan iklim bercocok tanam juga sangat mempengaruhi kualitas nasi yang kita makan.


Memasak Nasi sesuai selera




Jadi ribet ya??? Ya iyalah.. tapi biar aja ribet sebab ini adalah pengetahuan mendasar yang sangat berguna seumur hidup kalian.

Kecuali.. Jika kalian berencana tidak memakannya lagi seperti pindah ke eropa mungkin. Tapi tetap saja sih.. ini bisa berguna suatu saat nanti.

Oke biar singkat dan gampang dipahami langsung aja kita bahas. Akhh jangan dulu lah soalnya artikel ini harus bisa melampaui setidaknya 300 kata sabar dulu yah..

Penemu Rice Cooker


Cara memasak nasi sekarang ini sudah sangat simpel setelah ditemukannya  rice cooker electric oleh.. oleh siapa ya?? Udahlah googling aja ntar gampang itu, pokoknya dengan rice cooker tinggal pencet tombol cooknya tunggu sampai nasi matang sendiri. Gak perlu diintip – intip.

Kalau dahulu jaman nenek di kampung memasak nasi masih manual pake priuk dengan kayu bakar, jadi selama proses memasak sesekali tutup priuk harus dibuka untuk mengurangi airnya agar nasi matang dengan sempurna.

Kenapa harus diintip? karena memasak dengan kayu bakar panas hasil pembakaran tidak bisa dijamin konstan beda dengan rice cooker.

Ups jadi ingat sama nenekku, pribadi yang bersahaja, sederhana namun cerdas dan filosofis, suka bercerita kepada cucu – cucunya tapi didalam cerita selalu dijejali pesan – pesan yang tajam. Aduh rindu juga nihhh. Bahagia di surga yah nek..

Di jaman nenek itu perlu skill khusus  dan tangan terampil memang, ohhh gaya menulis ku sejak artikel ini kuputuskan seperti ini aja yah.. yang kemaren – kemaren kaku banget lohh.. gak nyaman juga nulis kayak gitu. Gak apa – apa yah gaes..

Cihui udah 290an kata, oke ayok kita mainkan..
[setelah beli paket dan googling ini penemu rice cooker : Yoshitada Minami. Pada tahun 1937]

Sediakan Gelas Takar


Jadi gini untuk mendapatkan nasi sesuai dengan selera kalian. Kuncinya hanya di gelas takar. Tentukan di awal satu gelas takar sebagai acuan kalian memasak nasinya. Misalnya gelas seperti ini.

Memasak Nasi Enak

Nah.. misalkan beras yang di masak merek Atirab maka buatlah perbandingan awal 1 : 1, artinya satu takar beras berbanding satu takar air. Jelas kan?

Gini loh kita mau masak 2 gelas takar beras, maka masukkan 2 gelas takar air sebagai campurannya setelah beras dicuci. Lalu masak. Setelah nasi matang, apakah nasinya sudah sesuai dengan yang kalian mau? Kalau nasi masih telalu keras maka di memasak nasi berikutnya tambahin lagi airnya ingat tetap gunakan gelas takar yang sama sebagai patokan ya.

Perbandingan akhir


Misalnya kali ini campurannya satu setengah gelas takar air berbanding satu gelas takar beras. Ternyata pas, kalian suka banget tekstur nasinya maka kita simpulkan ketika kalian memasak beras Atirab dengan menggunakan rice cooker maka perbandingannya adalah 1: 1 1/2 wouuuhhhh... hebat kalian berhasil menemukan formula baru, selamat yah!. Kalian sudah berhak menyandang gelar penemu.

Oh iya karena beda merek mungkin saja beda rasa dan karakteristik maka jika dirasa beras merek Atirab setelah diutak atik tetap tidak cocok maka cari merek lain tetapi dengan perlakuan yang sama.

Nah begitulah cara memasak nasi yang dijamin pasti sesuai dengn selera kalian, selamat mencoba yah gaes.. jangan lupa bersyukur hari ini. (DTPT)





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel