Parapat Kota Wisata Ramah Pengunjung

Parapat adalah sebuah kota kecil dipinggiran Danau Toba. di sana terdapat hotel niagara, inna, pantai bebas, wisata, samosir, view hotel indah

Daftar isi [Tampil]


Atirab.com - Parapat adalah sebuah kota kecil dipinggiran Danau Toba, masuk dalam teritorial kabupaten Simalungun provinsi Sumatera Utara. Dahulu Parapat di identikkan dengan Danau Toba, kalau kita ucapkan “asal saya dari Parapat” maka orang akan bilang oh dari Danau Toba ya. Juga sebaliknya “rumah saya dekat Danau Toba” maka orang akan bilang masih jauh dari Parapat ya??

Sebagai kota kecil penduduk Parapat didominasi suku Batak Toba namun ada juga suku Jawa, Simalungun dan Karo. Agama yang dianut masyarakat mayoritas Kristen, namun sekarang penduduk yang beragama Islam juga sudah banyak.

Parapat Kota Wisata
Foto : triplelaketoba.com
                                                           

Di tahun 1980-an kota Parapat ramai dikunjungi turis mancanegara umumnya adalah mereka yang sudah usia pensiun dan sudah menjadwalkan Parapat –Danau Toba sebagai salah satu destinasi liburan mereka di Indonesia. Disaat itu dimanfaatkan anak – anak untuk berinteraksi dengan mereka.

Anak – anak sangat senang jika diberi benda – benda kecil yang mereka bawa, umumnya adalah pulpen. “hello pen!” sambil lempar senyum maka turis – turis itu akan membalas senyuman sambil memberi sebuah pulpen jika memang memilikinya.

Kalau sudah begini anak itu akan senang bukan kepalang, pamer sana sini kalau dia punya benda “aneh” yang ada tulisan USA atau Australianya. Padahal itu hanyalah sebuah pulpen.

Berwisata ke Parapat memang enak, semua sarana dan akomodasi sudah lengkap. Mau cari tempat menginap? Banyak.. mulai yang mahal berbintang?? Ada Niagara Hotel dan Inna. Yang sedang –sedang saja?? Ada Atsari Hotel, View Hotel dan masih banyak lainnya. Kalau yang mau murah juga banyak kok.

Untuk urusan perut ada restauran Istana bagi yang muslim, tempatnya enak dan bersih makanan disana juga enak –enak,  setiap  Presiden Jokowi ke Parapat pasti makannya di sana. Banyak juga restauran muslim yang lain. Untuk non muslim yang mau menjajal menu khas batak juga bertaburan disana.

Ada Indomaret, Alfamart juga Alfa Midi. Urusan ambil duit ATM juga tersedia. Ada ATM Mandiri, ATM BNI, ATM BRI dan ATM BCA. Jadi gak perlu khawatir bakal kesusahan untuk bawa –bawa duit cash.

Kalau membawa kendaraan ada 2 SPBU disana, jangan takut kehabisan bahan bakar. Untuk moda transportasi pulang dari Parapat pun ada beberapa referensi tinggal pilih mau naik travel dengan armada seperti Innova, APV atau Avanza ada. Untuk yang suka bus besar, juga ada, Sejahtera mereknya.

Lokasi Wisata Selama di Parapat


                                         

Istana Presiden

Parapat Istana Presiden
Foto : kaskus.co.id
                                                          
Sebuah resort kecil dimana Presiden Soekarno pernah diasingkan oleh Belanda disana. Bentuk bangunannya adalah rumah pantai dengan balkon menatap Danau Toba yang indah. Disana bisa menikmati semilir angin yang berhembus dari danau sambil mendengar siulan burung remetuk, dan ketika angin bertiup kencang waktunya menikmati deburan ombak yang menghempas dinding - dinding batu dibawahnya.


                                                      

Wisata Batu Gantung

Parapat Batu Gantung
Foto : kedaipena.com
                                                          

Adalah susunan batuan gantung stalagtit yang membentuk seperti tubuh wanita berambut panjang dan seekor anjing. Menurut cerita rakyat setempat di sana pernah ada seorang putri yang menerjunkan diri karena dipaksa orang tuanya menikahi orang yang tidak disukainya. Dan ketika terjun ke Danau Toba anjing kesayangannya mengikutinya. Sementara di tempat itu konon bersemayam "sesuatu" yang tidak rela melihat putri itu terjun ke danau sehingga menangkap tubuh putri dan anjingnya menjadi batu yang menggantung.

Untuk bisa memuaskan rasa penasaran anda apakah benar berbentuk seperti putri dan seekor anjing, sewalah jasa speedboat. Namun pastikan harga sudah deal dan cocok sebelum anda dibawa kesana. Jangan lupa tanyakan juga sarana keselamatan seperti pelampung dan life jaket. Karena di sana airnya sangat dalam.

Oh ya selama disana jagalah prilaku jangan membuat keributan sebab ada pengakuan masyarakat setempat dahulu ada seorang tentara belanda merasa lucu dengan larangan ini malah menantang dengan menembaki ke arah batu itu dan yang terjadi selanjutnya kapal yang ditumpanginya karam dan si belanda hilang entah kemana.


Taman Eden 100
Parapat Taman Eden 100
Foto : gobatak.com
                                 

Di taman ini tidak tampak Danau Tobanya, namun jika menyukai air jangan khawatir disini ada air terjun super sejuk untuk anda berenang. Air terjun dari sini juga bermuara ke Danau Toba.

Disini akan anda temui banyak jenis tumbuhan, ada banyak jenis bunga dan Anggrek langka. Pemilik tempat ini suka menjelajah hutan sekitar Danau Toba mencari tanaman - tanaman unik dan khas umumnya jenis Anggrek lalu mengembangkannya di sana.

Ada juga Andaliman, pencita rasa makanan khas Batak. Jika kalian suka bercocok tanam boleh beli bibitnya disana.

Untuk bisa ke Taman Eden 100 tinggal arahkan kendaraan anda bersama keluarga jaraknya sekitar 10 kilometer dari jantung kota Parapat. Kalau tidak membawa kendaraan bisa mencarter angkutan umum lokal seperti Parsito atau Wisata Indah yang banyak berseliweran di kota Parapat

                                                                          

Binanga Lom

Parapat Binanga Lom
Foto : travelingyuk.com
                                          

Ini adalah aliran sungai yang bermuara ke Danau Toba, namun unik. Airnya terjun dari sebuah tebing  yang tinggi lalu langsung ke dalam Danau Toba. Pokoknya seru sekali, akan tetapi menuju kesana anda harus menyewa sebuah kapal kayu. Dan harganya lumayan mahal, jadi tips agar bisa kesana dengan ekonomis maka sharing lah bersama orang lain.

Semisal tanya tamu lain di tempat dimana kalian menginap. Atau melalui pihak hotel juga kalian bisa mintai bantuannya.Biasanya mereka punya link ke pemilik kapal. Namun kalau di musim ramai pengunjung di Parapat pergi aja ke pinggiran danau nanti akan ada kapal yang wara wiri nawarin trip ke Binanga Lom.

Namun jika kalian seorang Sultan sah – sah aja tidak perlu sharing bahkan sebuah speedboat mewah juga siap digunakan. Tempat itu sangat indah dan instagramable, nanti moncong kapal akan diarahkan langsung ke air terjun sehingga airnya langsung menerjang haluan kapal dan bersiaplah berbasah-basah.


                                                                         

Samosir

Parapat tuk tuk samosir
Foto : yuktravel.com
                                                                           

Destinasi selanjutnya ketika kalian stay di Parapat adalah Pulau Samosir. Jika kalian berencana kesana bisa memilih menyeberang dengan kapal kayu atau kapal Roro. Kalau  membawa kendaraan Roda empat kalian harus memakai jasa kapal Roro.

Pelabuhan kapal Roro ada di Ajibata yang merupakan regional Kabupaten Samosir namun tidak jauh dari Parapat hanya sekitar 1 kilometer, Ajibata berbatasan langsung dengan kota Parapat.

Alternatif lain bisa menggunakan Kapal kayu yang ada di pelabuhan Tigaraja, Kapal Kayu juga bisa mengangkut kendaraan sejenis sepeda motor dengan jumlah terbatas.

Oh iya dari Samosir bisa melanjutkan perjalanan ke Medan melalui jalur Sidikalang. Enaknya sekarang kalian bisa menikmati panorama indah mengelilingi Pulau Samosir dengan tenang karena Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) telah membangun jalan yang bagus disana.

Di Samosir juga banyak tempat makan dan menginap jadi jangan resah berlebihan jika ternyata harus bermalam.

Selama berada di Parapat anda harus aktif menanyakan harga sebelum melakukan transaksi agar terhindar dari kejadian –kejadian salah persepsi . ini juga penting untuk meminimalisir eksistensi oknum –oknum nakal. Sehingga kedepannya Parapat semakin berkembang menjadi kota yang ramah pengunjung.(DTPT)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel